Kamis, 06 September 2012

1000 Pramuka Garuda Sulawesi selatan

Pramuka Garuda ialah tingkatan tertinggi dalam setiap golongan Pramuka (Siaga, Penggalang, Penegak, Pandega). Pramuka Garuda diatur dalam Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 101 tahun 1984 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Garuda.

 Pramuka Garuda Penggalang Dan Penegak asal Kwarcab Pangkep Bersama Ka.Kwarcab Pangkep

Tanda Pramuka Garuda Untuk Semua Golongan

Pramuka Sulawesi Selatan Raih Rekor MURI

Gubernur Sulawesi Selatan, H. Syahrul Yasin Limpo memelopori pembentukan Pramuka Garuda dengan ciri-ciri kegiatannya, anggota akan mendapat pembekalan khusus selain keterampilan yang lazim diberikan dalam kegiatan pramuka biasa. Pramuka Garuda diharapkan ikut mengatasi masalah pemuda, terutama yang membutuhkan pekerjaan. Menyandang Pramuka Garuda berarti siap menolong dan menjadi contoh bagi gugus-gugus lainnya.
Menurut H. Syahrul yang juga merupakan ketua Kwartir Daerah Sulawesi Selatan, kalau di TNI Angkatan Darat ada Kopassus maka Pramuka memiliki Pramuka Garuda. Jumlah anggota Pramuka Garuda Sulawesi Selatan sebanyak 1.591 orang. Mereka yang akan mengikuti pelatihan intensif ini terbagi dalam kelompok siaga 190 orang, penggalang 800 orang, penegak 585 orang dan pandega 16 orang. Jumlah tersebut kemudian dicatat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MuRI) sebagai upacara pelantikan terbanyak. Sebelumnya, MuRI juga menobatkan Sulawesi Selatan sebagai penyelenggara acara makan dan minum hasil olahan rumput laut. Makan bersama ini diikuti sekitar 1.500 orang, yang datang dari berbagai kabupaten di Sulawesi Selatan.
Senior Manager MuRI, Paulus Pangka yang turut hadir dalam acara pelantikan 1.000 anggota Pramuka Garuda Kwartir Sulsel di Rumah Jabatan Gubernur Sulsel, mengatakan pelantikan pramuka ini merupakan pertama kalinya digelar di Indonesia dan tercatat sebagai pelantikan yang dihadiri peserta terbanyak, yang mencapai 1.591 orang dan meraih rekor MuRI. Sementara itu, Ketua Harian Kwartir Pramuka Sulsel, H.M. Roem mengungkapkan program pelantikan 1.000 anggota Pramuka Garuda di sulsel tidak mudah karena merupakan event pertama di Indonesia dan yang dilantik sebanyak 1.591 orang dari 1.000 orang yang ditargetkan. Pelantikan tersebut juga dihadiri sejumlah bupati dan Walikota Makassar, H. Ilham Arief Sirajuddin serta Walikota Parepare.
(Senin, 08 November 2010)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar